Senin, 07 Maret 2011

Kepulauan Talaud

Kepulauan Talaud (Marampit, Nanusa, Karatung)
Reporter: Nuray rifat
Camera Person : Marwan
PERJALANAN KALI INI ADALAH MENYAMBANGI PULAU TERLUAR DI WILAYAH SULAWESI UTARA.
BANDARA SAM RATULANGI MENJADI AWAL PERJALANAN MENUJU MELONGUANE, IBUKOTA KABUPATEN KEPULAUAN
TALAUD.
TALAUD BERJARAK 271 MIL LAUT DARI MANADO,IBUKOTA PROVINSI. LETAKNYA DI ANTARA PULAU SULAWESI
DAN PULAU MINDANAU, PHILIPINA. TAK HERAN, TALAUD DIKENAL SEBAGAI WILAYAH PERBATASAN.
MENUJU TALAUD, KITA HARUS MEMPERHITUNGKAN WAKTU YANG TEPAT. PENERBANGAN PERINTIS RUTE
MANADO-MELONGUANE HANYA ADA TIGA KALI DALAM SEMINGGU. MENGGUNAKAN PESAWAT JENIS ATR
(BALING-BALING), PERJALANAN MENUJU MELONGUANE DITEMPUH SEKITAR SATU JAM LEBIH.
BANDARA DENGAN LANDASAN PACU SELEBAR 18 METER DENGAN PANJANG 850 METER, MENJADI PEMANDANGAN
AWAL. BELUM LAGI PENGAMBILAN BAGASI YANG DILAKUKAN SECARA MANUAL, KESAN KESEDERHANAAN UNTUK
SEBUAH IBUKOTA KABUPATEN.
MELONGUANE SEAKAN TAK PERNAH TIDUR. BONGKAR MUAT KAPAL-KAPAL BESAR DARI MANADO DAN DAERAH
LAINNYA TERUS BERDATANGAN. BEGITU JUGA DENGAN PENDUDUKNYA, SIBUK MENGIKUTI DENYUT KOTA. 
MAYORITAS PENDUDUK DI MELONGUANE MEMELUK AGAMA KRISTEN PROTESTAN. TAPI KEHIDUPAN BERAGAMA
TETAP BERJALAN BERIRINGAN. BUKIT KASIH MENJADI SIMBOLNYA. DI BUKIT INI GEREJA DAN MASJID
BERDIRI SALING BERHADAPAN.
JALAN NEGARA MERUPAKAN FASILITAS YANG SEHARUSNYA BISA DIMANFAATKAN OLEH WARGANYA. TAPI TIDAK
DENGAN DI TALAUD, JALAN SUNGAI HUIL YANG MENGHUBUNGKAN KECAMATAN MELONGUANE TIMUR KE PUSAT
KOTA, RUSAK PARAH.
PEMERINTAH SEPERTINYA TERTIDUR LELAP, MASYARAKAT MELONGUANE SUDAH LELAH. PROTES TANPA
TANGGAPAN, MASYARAKAT SEOLAH DIPAKSA MENJALANI HIDUP DENGAN KETERBATASAN.
TAK HANYA JALAN TERPUTUS, UNTUK MENCAPAI PUSAT KOTA, MASYARAKAT HARUS MELEWATI SEJUMLAH
JEMBATAN KAYU YANG MULAI LAPUK.
MELONGUANE, CONTOH IBUKOTA KABUPATEN YANG MASIH BUTUH PERHATIAN AKAN PEMBANGUNAN. PADAHAL,
IA MENJADI SALAH SATU BERANDA NKRI. 
KARATUNG, MENJADI TUJUAN PERTAMA SAYA UNTUK MENYUSURI KEPULAUAN TALAUD. DARI MELONGUANE,
SAYA HARUS MENYEBERANG DENGAN SPEED BOAT MENUJU PELABUHAN LIRUNG DI PULAU SALIBABU.
UNTUK MENUJU PULAU-PULAU DI WILAYAH INI, KAPAL PELNI KM SANGIANG MENJADI PILIHAN UTAMA.
KAPAL BESAR DENGAN RUTE PULAU-PULAU TERLUAR INI HANYA BEROPERASI 2 MINGGU SEKALI. SAAT INI
ADA SEKITAR 3 KAPAL BESAR DARI PELNI DAN PERINTIS YANG MASIH BEROPERASI. 
RUANG TUNGGU PELABUHAN MENJADI TEMPAT SATU-SATUNYA MENANTI KEDATANGAN KM SANGIANG YANG
JADWALNYA BISA BERUBAH, TERGANTUNG KONDISI OMBAK DAN CUACA.
TEPAT PUKUL LIMA SUBUH, KM SANGIANG TAMPAK DARI KEJAUHAN. TERLAMBAT 6 JAM DARI JADWAL
KEBERANGKATAN YANG SEHARUSNYA PUKUL 11 MALAM.
KETERLAMABATAN JADWAL KEDATANGAN, MEMBUAT KAPAL KOKOH INI TAK BISA MERAPAT LEBIH LAMA,
KARENA HARUS MENGEJAR RUTE BERIKUTNYA. HIRUK-PIKUK PENUMPANG TAK TERELAKKAN. TAK LAMA KAPAL
PUN BERANGKAT. SAYA MEMILIH ISTIRAHAT SEJENAK MENGHILANGKAN LELAH SEMALAMAN MENUNGGU
KEDATANGAN KAPAL INI.  
KARENA CUACA YANG SEMAKIN MEMBURUK, KAPAL YANG SAYA TUMPANGI TIDAK MENERUSKAN PELAYARANNYA
MENUJU PULAU MIANGAS. KARATUNG MENJADI PEMBERHENTIAN TERAKHIR, SEBELUM KAPAL KM SANGIANG
PUTAR ARAH UNTUK KEMBALI KE TAHUNA.
PERLAHAN GUGUSAN PULAU KARATUNG MULAI TAMPAK. OMBAK TINGGI DITAMBAH ANGIN YANG KENCANG,
MEMBUAT KAPAL TIDAK BISA MERAPAT DI DERMAGA. AWAK KAPAL MENURUNKAN JANGKAR, KARENA KAPAL
HANYA BISA BERLABUH DI SEKITAR PULAU KARATUNG.
PENUMPANG TERPAKSA DITURUNKAN MELALUI TANGGA DARURAT. BEGITU JUGA DENGAN PENUMPANG DARI
PULAU KARATUNG YANG INGIN MENUMPANG KAPAL KM SANGIANG. MEREKA MENGHAMPIRI KAPAL DENGAN SPEED
BOAT NELAYAN.
DENGAN TANGGA GANTUNG SEDERHANA YANG TERBUAT DARI TALI TAMBANG DENGAN PIJAKAN KAYU,
PENUMPANG BEREBUT UNTUK NAIK DAN TURUN KAPAL. HUJAN DITAMBAH OMBAK YANG TINGGI MEMBUAT
KEADAAN MENJADI KACAU, PENUMPANG PANIK.
SPEED BOAT NELAYAN YANG MENJEMPUT AKHIRNYA BISA SAYA CAPAI. DENGAN RASA CEMAS YANG BELUM
HILANG, SAYA MELANJUTKAN PERJALANAN UNTUK MENCAPAI PULAU KARATUNG. HUJAN DERAS DAN OMBAK
YANG TINGGI MEMBUAT PERJALANAN MENUJU KARATUNG TERASA PANJANG.
KARATUNG, MERUPAKAN PULAU BERPENGHUNI YANG MENJADI IBU KOTA KECAMATAN NANUSA.  PULAU
KARATUNG MEMILIKI LUAS 25 KILOMETER PERSEGI, LETAKNYA TAK JAUH DARI PERAIRAN PHILIPINA.
KARATUNG DENGAN STATUSNYA SEBAGAI IBUKOTA KECAMATAN, TETAP TAK MEMBAWA MASYARAKAT DI PULAU
INI PADA KEHIDUPAN YANG LAYAK. LISTRIK DAN SARANA KOMUNIKASI MENJADI BARANG MEWAH DI SINI.
RASA TAK AMAN AKAN ANCAMAN LUAR PUN MENJADI KETAKUTAN SEHARI-HARI MASYARAKT KARATUNG, TAK
TERKECUALI NELAYAN. KAPAL-KAPAL BESAR PHILIPINA SERINGKALI MENYERBU NELAYAN TRADISIONAL
INDONESIA DANG MENGAMBIL HASIL TANGKAPANNYA.
KONDISI KANTOR POLISI SEBAGAI PENJAGA KEAMANAN SAMA SEKALI TAK MEMADAI.  KARATUNG SEPERTI
IBUKOTA KECAMATAN DI PULAU-PULAU TERLUAR INDONESIA. JAUH DARI PERHATIAN PEMERINTAH, SAMA
SEPERTI LETAKNYA.
PERJALANAN SAYA LANJUTKAN KE PULAU BERPENGHUNI LAINNYA, MARAMPIT. PULAU MARAMPIT MERUPAKAN
PULAU TERLUAR YANG DIBATASI OLEH SAMUDRA PASIFIK DI SEBELAH UTARA DAN TIMUR, DAN PULAU
KARATUNG DI SEBELAH BARAT.
DESA MARAMPIT INDUK DAN MARAMPIT TIMUR, DESA LALUHE, SERTA DESA DAMPULIS INDUK DAN TIMUR, 
TERCATAT MENJADI BAGIAN PULAU SELUAS 12 KILOMETER PERSEGI INI.
MAYORITAS MASYARAKAT MEMELUK AGAMA KRISTEN PROTESTAN, MARAMPIT MASIH MENYIMPAN PESONA BUDAYA
MASA LALU. HAMPIR DI SETIAP PEKARANGAN RUMAH PENDUDUK DI SINI TERTANAM BATU NISAN PARA
LELUHUR.  
UNTUK MENGETAHUI FASILITAS DAN PELAYANAN KESEHATAN DI PULAU INI, SAYA MENUJU PUSKESMAS
BERSAMA KEPALA DESA MARAMPIT. FASILITAS PUSKESMAS SUDAH TUTUP SEJAK TIGA TAHUN LALU. TAK
HANYA LISTRIK DAN BBM RUPANYA YANG MENJADI BARANG MAHAL DI PULAU-PULAU TERLUAR. KESEHATAN
PUN MENJADI BARANG MEWAH SAAT PINTU PUSKESMAS YANG SEHARUSNYA MELAYANI MASYARAKAT TERKUNCI
RAPAT.
PENDUDUK HARUS MENYEBERANG DENGAN SPEED BOAT UNTUK SAMPAI DI PULAU KARATUNG, HANYA SEKEDAR
UNTUK BEROBAT. SAYA MENGUNJUNGI POS PERBATASAN RI – PHILIPINA. MENGUNJUNGI POS PERBATASAN RI
– PHILIPINA, BENAR-BENAR MEYAKINKAN SAYA KALAU PULAU KARATUNG BEGITU RENTAN TERHADAP
GANGGUAN LUAR. PARA PRAJURIT TIDAK BISA SERING MELAKUKAN OPERASI PERBATASAN KARENA
KETERBATASAN BBM. MEREKA TERPAKSA PATUNGAN MEMBELI BBM KETIKA MELIHAT KAPAL-KAPAL ASING YANG
MASUK KE KAWASAN INDONESIA. 
SETELAH MENGUNJUNGI POS PAMTAS, SAYA LANGSUNG MENUJU DESA DAMPULIS UNTUK BERTEMU DENGAN
WARGA NEGARA PHILIPINA YANG SUDAH LAMA MENETAP DI PULAU MARAMPIT. HANYA LIMA BELAS MENIT
DENGAN KENDARAAN BERMOTOR DARI MARAMPIT, SAYA SUDAH SAMPAI DI DESA DAMPULIS.
INGIN SEKALI MENGETAHUI CARA MENGGUNAKAN TOMBAK SEDERHANA PENANGKAP IKAN, ATAU YANG BIASA
DISEBUT JUBI. SAYA PUN IKUT PARA NELAYAN ASAL PHILIPINA INI KE TENGAH LAUT.
SAYA MENGGUNAKAN PERAHU KECIL, SEDANGKAN MEREKA LANGSUNG BERENANG TANPA ALAT BANTU APA PUN
MENUJU TENGAH LAUT. 
MINIMNYA PENGHASILAN YANG MEREKA DAPAT MEMBUAT TAK SEMUA NELAYAN DI PULAU MARAMPIT MEMILIKI
PERAHU UNTUK MENANGKAP IKAN, TERMASUK MEREKA YANG BERASAL DARI PHILIPINA. MENANGKAP IKAN
DENGAN TOMBAK SEDERHANA BUATAN SENDIRI, SEPERTINYA MENJADI SATU-SATUNYA CARA UNTUK BERTAHAN
HIDUP.
PERBUKITAN YANG BERADA DI PULAU MARAMPIT, MEMBAWA SAYA PADA SEBUAH MATA AIR YANG BERASAL
DARI GUNUNG. MATANE, MATA AIR YANG TAK PERNAH KERING SEPANJANG MUSIM. AIRNYA PUN MAMPU
MENGALIRI SEMUA PENDUDUK PULAU INI DI LIMA DESA.
SEHARIAN MENANGKAP IKAN DI LAUT, TERNYATA CUKUP MELELAHKAN. SAYA PUN BERISTIRAHAT DI RUMAH
ANDERSON, SALAH SATU NELAYAN ASAL PHILIPINA.
MALAM TIBA, WAKTUNYA ANDERSON DAN KELUARGA SALING BERCENGKRAMA. DI RUMAH MUNGILNYA INI,
ANDERSON TINGGAL BERSAMA ISTRI DAN EMPAT ORANG ANAKNYA, SERTA KEDUA ORANG TUA ANDERSON YANG
SUDAH BERUSIA LANJUT.
KARENA MENCARI PEKERJAAN, MASYARAKAT DI PULAU TERLUAR PADA MASA ITU BERLABUH HINGGA KE
NEGERI TETANGGA, PHILIPINA. ITULAH YANG MEMBAWA ANDERSON PADA DUA DARAH, SEPERTI ASAL ORANG
TUANYA, INDONESIA DAN PHILIPINA.
HARI SEMAKIN LARUT, SAYA PUN MEMUTUSKAN UNTUK ISTIRAHAT SEBELUM LAMPU DI DESA INI  SERENTAK
PADAM. TUJUAN TERAKHIR, ADALAH SEBUAH KECAMATAN DENGAN CERITA YANG CUKUP MENGUSIK RASA INGIN
TAHU SAYA.
KECAMATAN TERSEBUT BERADA DI PULAU KARAKELANG, KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. CUACA BURUK
DENGAN OMBAK TINGGI MENJADI PEMADANGAN, KARENA UNTUK MENUJU DESA ITU HARUS MELINTASI LAUTAN
PASIFIC.
TIGA JAM MENEMPUH PERJALANAN LAUT, MEMBAWA SAYA KE TEMPAT TUJUAN, SEBUAH KECAMATAN
TAMPANAMMA. KECAMATAN TAMPANAMMA MERUPAKAN BAGIAN DARI PULAU KARAKELANG. TENTANG PEMBANGUNAN
DAN FASILITAS KECAMATAN INI JELAS JAUH TERTINGGAL DARI KECAMATAN SEBELUMNYA YANG SUDAH SAYA
KUNJUNGI. 
PAGI INI RUPANYA ADA PELAKSANAAN UPACARA ADAT PELEPASAN KAPAL BARU KE TENGAH LAUT. KAPAL
KAYU SEDERHANA INI DIBUAT MASYARAKAT DESA SECARA GOTONG ROYONG. HINGGA PEMBUATAN KAPAL
SELESAI, MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN TAMPANAMMA INI TETAP BERGOTONG ROYONG MENARIK KAPAL KE
TENGAH LAUT. PERAHU INI NANTINYA AKAN MENGANGKUT MASYARAKAT TANPANAMMA MENUJU RAINIS, TEMPAT
MEMBELI BERBAGAI KEBUTUHAN SEHARI-HARI.
  
BARU SAJA BERBINCANG-BINCANG DENGAN KEPALA DESA MENGENAI SARANA TRANSPORTASI YANG BELUM
MEMADAI, TIBA-TIBA SAJA SAYA MELIHAT BUKTI NYATA, BETAPA SULITNYA MASYARAKAT KETIKA
MENGALAMI SAKIT.
KAKEK YANG SEDANG SAKIT INI CONTOHNYA. GEROBAK KAYU PUN MENJADI SATU-SATUNYA SARANA
TRANSPORTASI UNTUK MENUJU PUSKESMAS.  
BEBERAPA SUNGAI KECIL YANG MELINTASI KECAMATAN TAMPANAMMA MEMAKSA WARGA UNTUK MENYEBERANG
DENGAN RAKIT. SATU-SATUNYA CARA UNTUK SAMPAI DI DESA SEBERANG, KARENA TAK TERSEDIANYA JALAN
DARAT YANG CUKUP MEMADAI.

MULAI DARI IBU-IBU, PEKERJA KEBUN, HINGGA ANAK SEKOLAH HARUS RELA MEROGOH UANG RECEH SETIAP
HARINYA, UNTUK MEMBAYAR JASA RAKIT.HARGA YANG SEHARUSNYA TAK MEREKA PIKUL SENDIRI. HARUSKAH
MEREKA MEMBAYAR HAK UNTUK SEBUAH FASILITAS UMUM DI NEGERI SENDIRI ? 
JASA PENYEBERANGAN DENGAN RAKIT TAK SELALU ADA SETIAP WAKTU. JIKA WAKTU SUDAH TERLALU SORE
ATAU TERLALU PAGI, JANGAN HARAP BISA MENYEBERANG DENGAN RAKIT. CONTOHNYA PARA SISWA SLTP
INI. AGAR TAK TERLAMBAT TIBA DI SEKOLAH, MEREKA SERINGKALI PERGI LEBIH AWAL. MENYEBERANG
TANPA RAKIT PUN MEREKA JALANI, YANG PENTING TETAP BISA MENGENYAM PENDIDIKAN.
TAK JARANG, SERAGAM ATAU BUKU YANG MEREKA SIMPAN DI DALAM TAS PUN IKUT BASAH. SEOLAH LELAH
DENGAN NASIB PULAU TERLUAR, TAK SEDIKIT PUN KELUH KESAH YANG MEREKA LONTARKAN.
MENYUSURI JALAN SETAPAK DESA, SAYA TIBA DI SEBUAH SUNGAI. SUNGAI ANDA ‘ARAN. TAK SEPERTI
KEBANYAKAN SUNGAI LAINNYA, SUNGAI ANDA ‘ARAN DI PENUHI OLEH IBU-IBU YANG SEDANG MENCARI
IKAN.TAK SEBERAPA MEMANG HASIL TANGKAPAN YANG DIDAPAT SELAMA BERJAM-JAM MENCARI IKAN DI
SUNGAI. TAPI BAGI MEREKA, HASIL YANG DIDAPAT BISA UNTUK MAKAN MALAM.

TERTINGGALNYA DESA-DESA YANG ADA DI KECAMATAN INI, MEBUAT SISTEM BARTER MASIH BERLAKU UNTUK
HAL-HAL TERTENTU. BEGITU JUGA DENGAN IBU-IBU PENCARI IKAN SUNGAI, MEREKA SERINGKALI MENUKAR
HASIL TANGKAPANNYA DENGAN KEBUTUHAN LAIN. SEKANTONG KECIL BERAS HANYA UNTUK MAKAN HARI INI.
SEPERTI HARAPAN YANG TAK TERLALU MULUK UNTUK MEREKA YANG TINGGAL DI PULAU TERLUAR. PULAU
YANG TERASA SEMAKIN JAUH DARI PELUKAN IBU PERTIWI.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar